Makna Peringatan Hari Santri

Hari santri yang jatuh pada bulan Oktober ini memberikan nuansa damai yang tentu sangat menenangkan. Bagaimana tidak, sejak diresmikan beberapa tahun yang lalu untuk dirayakan bersama, hari santri menjadi momen penting berkumpulnya para santri di seluruh Indonesia. Lalu, apa saja sejarah dan implementasinya? Berikut ulasannya.

Sejarah Hari Santri

Tanggal 22 Oktober merupakan awal resolusi jihad NU, yang digagas oleh K.H Hasyim Ashari. Di mana pada zaman penjajahan Jepang, santri diberikan instruksi untuk melakukan jihad. Jihad di sini yaitu ikut mempertahankan negara Indonesia.

Jika menilik kembali perjuangan para santri yang pada akhirnya mau berjuang melawan Belanda yang melakukan agresi militer saat itu, tentu tanggal 22 Oktober memang perlu untuk dikenang. Dengan mengingat tanggal bersejarah, tentunya akan muncul semangat kebangsaan yang berlandaskan dasar agama yaitu menjaga negara adalah sebagian dari iman.

Implementasi Hari Santri

Di Indonesia, implementasi hari santri dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya lomba, acara sholawatan, dan ceramah agama. Tujuannya untuk memaksimalkan pemahaman masyarakat yang masih awam untuk mempercayakan anak-anaknya belajar di pondok pesantren.

Implementasi hari santri di masa sekarang tentunya adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri santri sebagai bagian dari negara Indonesia. Yang meskipun menimba ilmu agama di pondok pesantren tetapi tetap menunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan berjiwa patriot.

Selain itu, implementasi hari santri juga dikaitkan dengan berbagai tayangan religi yang mengajak orang Islam di Indonesia untuk lebih menjaga nilai-nilai kebersamaan dan toleransi antar umat beragama. Sebagai Muslim, sebaiknya kita menyemarakkan hari santri meskipun hanya dengan mendengarkan ceramah agama.

Peringatan Hari Santri dengan Ceramah Agama

Selanjutnya adalah ceramah agama. Ada berbagai topik yang biasa dijadikan tema dari ceramah agama di hari santri. Berikut adalah beberapa tema ceramah agama yang sangat direkomendasikan untuk Anda dengarkan ketika peringatan hari santri.

  • Pendidikan

Pendidikan adalah tema yang sangat berhubungan dengan santri, karena santri memang sedang menjalani pendidikan di pondok pesantren. Filosofi tentang pendidikan, adab terhadap guru dan pentingnya menuntut ilmu sangat cocok untuk didengarkan di hari santri yang sangat penting tersebut.

  • Akhlak

Materi tentang akhlak atau manajemen kalbu adalah hal penting yang ditekankan ketika seseorang menuntut ilmu di pondok. Karena pondok pesantren memang memiliki aturan yang ketat serta disiplin. Namun, apabila seorang santri menerima dengan sabar dan lapang dada maka suatu hari mereka yang sudah tertempa akan mengetahui bahwa didikan tersebut adalah untuk kebaikan mereka.

  • Sejarah Islam

Sejarah Islam adalah materi ceramah lain yang sangat direkomendarsikan. Pasalnya, dengan mendengarkan sejarah Islam serta kisahpara nabi, sahabat rasul dan orang beriman maka pendengarnya akan semakin termotovasi. Bukan hanya itu, sejarah Islam juga mengajarkan hukum serta cara penyelesaian masalah yang dapat diterapkan pada kehidupan saat ini.

Hari Santri yang Sangat Penting untuk Umat Islam

Dengan demikian, banyak kegiatan  yang dapat dilakukan dengan maksimal ketika hari santri tiba. Bukan hanya sebagai pemeriah suasana, tetapi juga sebagai langkah mengenalkan kehidupan pondok ke khalayak umum.

Sebagai umat Islam di Indonesia, tentunya kita perlu bersyukur karena sudah diberikan kelapangan untuk merayakan hari santri dengan ritual sakral. Bukan hanya itu, karena perayaan-perayaan yang dilakukan, tentunya makin banyak orang Islam yang lebih tahu bagaimana kehidupan di pondok pesantren dan tidak khawatir lagi untuk memasukkan putra putrinya ke sana.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Keunggulan SMK Berbasis Pesantren

Memilih sekolah yang baik untuk anak adalah hal impian bagi semua orang. Dalam memilih sekolah, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan. Misalnya saja dimana sekolah tersebut bera

04/11/2019 21:24 WIB - Administrator
22 Oktober - Hari Santri Nasional

Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 digelar di halaman SMKS Al – Mahrusiyah, selasa 22 Oktober 2019 pagi. Seluruh jajaran guru, staff, siswa - siswi dan pengurus Po

24/10/2019 08:43 WIB - Administrator
Supervisi Akademik SMKS Al – Mahrusiyah

Supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi belajar-mengajar agar memperoleh kondisi yang lebih baik. Meskipun tujuan akhirnya tertuju pada hasil belajar siswa, namun yang

15/10/2019 21:36 WIB - Administrator
MEMPERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA

          Upacara di hari Kesaktian Pancasila pada 01 Oktober 2019 di peringati oleh segenap siswa- siswi beserta guru dan staff SMKS Al–Mahrusiyah Kediri

07/10/2019 08:20 WIB - Administrator
Ujian Sekolah Berstandar Komputer (USBK)

     Di era modernisasi seperti sekarang ini, Pendidikan pun tak kalah pentingnya dengan teknologi. Pengaruh perkembangan zaman menyebabkan pola pikir masyarakat berubah.

23/06/2019 19:25 WIB - Administrator
Integrasi Pendidikan SMK Dengan Pondok Pesantren Di Pon.Pes. Al-Mahrusiyah

     Pendidikan merupakan sebuah sarana untuk meningkatkan perkembangan peradaban dan ekonomi suatu bangsa, Sumber daya manusia yang berpendidikan akan menjadi modal utam

21/06/2019 19:40 WIB - Administrator
Perubahan Metode Pendidikan dan Perkembangan Teknologi

       Salah satu alasan yang paling sering dikutip untuk membenarkan perlunya perubahan dalam pendidikan, atau setidaknya untuk menandai pendidikan sebagai kuno, ad

20/06/2019 21:40 WIB - Administrator
Pendaftaran Siswa Baru SMK Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri

     SMK Al-Mahrusiyah merupakan SMK yang menyiapkan tenaga kerja yang produktif, mandiri, memiliki, iman dan taqwa serta membekali tenaga kerja dengan pengetahuan, keahl

19/06/2019 21:40 WIB - Administrator
Penggunaan Teknologi Komputer yang Efektif dalam Pendidikan

    Dengan kemajuan baru-baru ini di industri pendidikan, penggunaan komputer dalam pendidikan menjadi relevan. Komputer berperan besar dalam membantu siswa belajar lebih cepa

18/06/2019 17:40 WIB - Administrator