Profil Sekolah

     Pada saat sekarang ini pengaruh arus globalisasi sangat terasa sekali, terutama terhadap kelangsungan hidup umat manusia.Kenyataan ini adalah pengaruh dari perkembangan ilmu pengetahuan, yang konsekuensinya menuntut umat manusia pada semua lapisan dan tingkatan untuk berpikir, berkembang dan bekerja ekstra dalam semua lini kehidupan agar mereka setidaknya mampu bertahan dan berkompetisi dalam kehidupan.
   Berkaitan dengan hal tersebut diatas, salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah menghidupkan dan mengembangkan kembali dunia pendidikan, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Akhir, dengan membekali pesertadidik tidak hanya dalam bidang berfikir atau berdzikir saja namun juga dalam bidang keterampilan yang kelak bisa bermanfaat bagi dirinya dan juga orang lain, sehingga dengan keterampilan tersebut, kelak akan menjadi sebuah alternatif bagi out-put pesertadidik dalam menghadapi kekurangan lapangan kerja bagi dirinya dan orang lain.
     Memperhatikan akan pentingnya pengetahuan teknologi saat ini, Yayasan Al – Mahrusiyah bermaksud untuk membekali siswa – siswinya dengan pengetahuan teknologi selain pengetahuan keagamaan yang telah diajarkan di Pondok Pesantren Putra dan Putri HM Al – Mahrusiyah. Selain itu, Al-Mahrusiyah diharapkan untuk bisa menyelenggarakan sekolah lanjutan dalam menuntut ilmu dibidang teknologi bagi lulusan MTs HM Tribakti pada khususnya, dan atau lulusan MTs atau yang sederajat baik dari dalam atau dari luar Kabupaten Kediri pada umumnya.


     Seiring dengan Program Pemerintah mengenai kebijakan pokok pembangunan pendidikan yang meliputi : Perluasan dan Pemerataan Pendidikan, Mutu dan Relevansi Pendidikan, Good Governance dan Akuntabilitas, dan ide tersebut mendapatkan respon positif dari segenap elemen masyarakat Kediri. Peningkatan kualitas SDM yang dicanangkan tersebut diarahkan tidak hanya pada pendidikan tingkat dasar dan menengah yang dikenal dengan wajib belajar 12 tahun, tetapi juga pendidikan pada tingkat Perguruan Tinggi sebagai kelanjutan dari wajib belajar 12 tahun tersebut.
     Yayasan Pon.Pes HM. Al-Mahrusiyah yang diharapkan mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia, berupaya mengembangkan pendidikan formal disamping MTs dan MA juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berkonsentrasi pada Jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan harapan Yayasan Pon.Pes. HM. Al-Mahrusiyah kedepan tidak hanya membekali para Santri dengan ilmu agama dan sosial namun juga membekali keterampilan tehnologi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, dengan demikian peran alumni santri Pon.Pes. HM. Al-Mahrusiyah tidak hanya dalam bidang agama dan kemasyarakatan saja, tetapi akan semakin luas dalam bidang keterampilan tehnologi yang saat sekarang juga sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Pendirian dan pengembangannya tentu harus direncanakan secara matang agar menjadi Sekolah Menengah Kejuruan yang besar, maju, dan modern serta berbasis pada kebutuhan masyarakat. Selain lembaga yang sudah berdiri lebih dulu dibawah naungan YayasanAl-Mahrusiyah yang didirikan oleh Almukarrom KH. Imam Yahya Mahrus berdasarkan akta notaris No C-213.HT.01.02. TH 2003. Adapun lembaga pendidikan formal yang telah berjalan antara lain :
1. TK Kusuma Mulia Tribakti
2. Madrasah Tsanawiyah HM Tribakti (Terakreditasi )
3. Madrasah Aliyah HM Tribakti (Terakreditasi )
Sedangkan lembaga non formal yang yang berada dibawah naungan Yayasan Al-Mahrusiyah dan telah berjalan antara lain :
1. Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah
2. Madrasah Murottil Qur’an.
3. Lajnah Bahtsul Masail Al-Mahrusiyah

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi, Misi & Tujuan

Visi Sekolah SMK Al-Mahrusiyah memiliki visi : Terselenggaranya layanan pendidikan kejuruan yang unggul, beriman dan bertakwa, mandiri, kreatif, kompetitif dan bangga sebagai bangsa Ind

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator