• SMK AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI
  • Berakhlakul Karimah, Disiplin, & Berprestasi
  • info@smkalmahrusiyah.sch.id
  • 0354-780247
  • Pencarian

Teknologi Internet of Thing (IOT) dan Implementasinya

IOT ialah suatu konsep yang memudahkan bertukar informasi antara satu benda dengan benda lainnya menggunakan koneksi intrnet. Hadirnya IOT cukup membantu berbagai aktivitas manusia. Baik di rumah sakit untuk pengontrolan pasien, juga sudah dimanfaatkan dibidang musik dan menghidupkan beberapa perabotan modern yang dilengkapi dengan sistem tertentu. Nah, berikut ini akan dibahas implementasi IOT di bidang pendidikan.

IOT Sebagai Bagian Literasi Digital

IOT  kini juga termasuk bagian dari literasi digital, sehingga bisa berpengaruh besar di bidang  pendidikan. Pemanfaatannya cenderung kepada penggunaan aplikasi untuk mendukung dan memudahkan proses kegiatan belajar mengajar. Diantaranya penggunaan IOT dimanfaatkan untuk pengontrolan CCTV yang terhubung dengan smartphone, khusus bagi kelas yang dilengkapi dengan CCTV.

Selain itu, IOT ini juga digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam menggunakan computer di laboratorium yang dilakukan  dengan koneksi internet. Penggunaan IOT bisa saja berbeda antara satu kelas dengan kelas lainnya namun tentunya membutuhkan pengembangan lebih lanjut.

Misalnya di kelas bahasa Inggris, guru bisa memanfaatkan  IOT untuk mengajar para siswa pada materi English Pronounciation. Dimana siswa tersebut akan berkomunasikasi dengan robot dan guru yang menjadi adminnya. Selain itu, kini telah hadir Face recognition dan error spelling check diinternet. Dan bisa jadi di masa depan ada robot yang digunakan untuk menerjemahkan dan melakukan pengkoreksian.

Peran Guru dalam Penerapan IOT di Sekolah

Kemajuan penggunaan dan pemanfaatan IOT di bidang pendidikan khususnya di sekolah sangat dipengaruhi oleh gurunya. Sebab guru tersebut mempunyai beberapa tugas untuk mengimplementasikan IOT  untuk kemudahan sistem belajar mengajar. Diantara tugas dosen tersebut yaitu:

  • Melihat sejauh mana tingkat perkembangan dan kemajuan siswa dan interaksi belajarnya menggunakan IOT.
  • Mengirim dan membagikan materi melalui email ataupun chat online.

Dengan tugas tersebut, maka peran gurulah yang harus melakukan evaluasi terhadap interaksi siswa dengan IOT. Zaman generasi millennial yang hampir semua kegiatan manusia sudah berhubungan dengan hal berbau digital. Sehingga implementasi IOT sangat mungkin diterapkan dan akan  lebih maju dibandingkan proses pembelajaran sebelum menggunakan IOT.

Menerapkan IOT di Sekolah? Mengapa Tidak?

Meskipun penggunaan kertas dan papan tulis sangat penting dalam pendidikan. Namun bukan berarti IOT  tak bisa diterapkan. Karena meskipun menggunakan IOT, paper dan papan tulis tetap masih bisa berfungsi dengan baik. Sedangkan jika diterapkan IOT  dalam bidang pendidikan akan lebih memudahkan pross belajar mengajar. Jika tidak digunakan di sebuah sekolah tetapi di sekolah yang lain IOT sudah dimanfaatkan secara maksimal. Maka sekolah yang tidak memanfaatkan IOT akan jauh tertinggal sehingga tak mampu bersaing baik dari segi akademik ataupun skillnya.

Sekolah yang tidak menggunakan teknologi pun bisa dicap ketinggalan zaman. Ini juga berpengaruh pada reputasi sekolah tersebut begitu juga lulusan atau alumni dari sekolah tersebut. Maka ini akan berdampak buruk bagi sekolah, kepala sekolah, guru-guru hingga siswanya.

Sebenarnya jika guru tersebut memahami dan aktif menggunakan berbagai teknologi, maka guru tersebut akan mengetahui seberapa pentingnya penggunaan IOT  dalam bidang pendidikan. Apalagi banyak hal yang bisa dimudahkan dengan pemanfaatan IOT dalam kehidupan sehari-hari.

Begitu juga dalam penggunaan LCD Proyektor, dengan adanya IOT maka proyektor tersebut bisa dihidupkan melalui smartphone. Jadi tidak harus menekan langsung tombol powernya langsung dengan tangan. Nah, tentu ini sangat memudahkan para guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Sebab guru ataupun siswa tak perlu repot menghidupkan proyektor tersebut menggunakan sentuhan tangan secara langsung.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PERLUNYA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SMK

Pendidikan karakter adalah suatu hal yang saat ini ditekankan dalam pendidikan di Indonesia. Nah dalam hal ini muncul berbagai pertanyaan tentang pendidikan karakter. Diantara

04/02/2020 09:50 WIB - Administrator
Keunggulan SMK Berbasis Pesantren

Memilih sekolah yang baik untuk anak adalah hal impian bagi semua orang. Dalam memilih sekolah, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan. Misalnya saja dimana sekolah tersebut bera

04/11/2019 21:24 WIB - Administrator
Makna Peringatan Hari Santri

Hari santri yang jatuh pada bulan Oktober ini memberikan nuansa damai yang tentu sangat menenangkan. Bagaimana tidak, sejak diresmikan beberapa tahun yang lalu untuk dirayakan bersama,

22/10/2019 20:46 WIB - Administrator